Sunday 1 November 2015

Berbagi Sehat Lestari Bersama Daihatsu dan Bekasi Berkebun

Berkebun di halaman rumah? Masih ada waktukah kita di tengah aktifitas kota kekinian yang semuanya berpacu dengan persaingan? Sebenarnya sih masih ada jika kita melihat aktifitas rekan-rekan di Bekasi Berkebun dan mengetahui manfaat dari berkebun di halaman rumah.


Kokgituya.com mengajak 45 bloggers terpilih untuk melakukan kegiatan berkebun bertitel “Kokgituya.com Piknik Bareng Bekasi Berkebun” di rumah dinas Wakil Walikota Bekasi - Bapak Ahmad Syaikhu pada hari Ahad, 18 Oktober 2015. 
Bapak Wakil Walikota yang satu ini emang oke deh, karena membuka rumah dinasnya bagi berbagai komunitas untuk memanfaatkan secara positif. Dalam kata sambutannya beliau juga mengatakan : “Teman-teman Bekasi Berkebun fokus pada pemanfaatan lahan kosong untuk berkebun. Nah, blogger tinggal nulis agar masyarakat teredukasi soal city farming,”(sumber : http://ahmadsyaikhu.com/read/2015/10/19/blogger-ngumpul-bareng-di-rumah-dinas-wawali/ )

Penyerahan t-shirt KokGituYa.com kepada Bapak Ahmad Syaikhu
Selain berkebun juga diadakan sharing dengan Rumah Harapan yang siang itu diwakili oleh Ibu Pritha Wibisono yang berbagi cerita mengenai adik-adik, keponakan-keponakan dan anak-anak kita yang terkena kanker namun senantiasa ceria. Bayangkan mereka masih di bawah umur dan sudah mengidap kanker-bahkan banyak yang stadium tinggi. Oleh karenanya kita yang berusia produktif serta sehat, alangkah mulia jika kita berbagi dan peduli dengan mereka. Salah satu cara adalah melakukan donor darah, peduli dan memberi kasih sayang kepada mereka. Tidak memiliki banyak waktu untuk ber-silaturahim secara langsung dengan mereka? Doa-kan mereka, lakukan aksi walaupun melalui media sosial atau dunia maya yang berada di genggaman tangan dan rawat bumi yang kita tinggali bersama. Yang ini kalian pasti bisa dong...tentunya juga dengan berkebun!
Daihatsu Indonesia  melalui Head of Promotions Department-nya, Bapak Eko Priyanto menjelaskan mengenai kepedulian dan komitmen bagi para blogger dengan membuat KokGituYa.com yang menjadi tempat berkumpulnya blogger serta sebagai pendongkrak traffic visitor bagi blog milik blogger di platform masing-masing. Dijelaskan pula program CSR dari PT Astra Daihatsu Indonesia yang kesemua-nya pasti bermanfaat bagi lingkungan.  Oh ya, saya juga hadir dalam launching KokGituYa.com yang diadakan di Mal Kelapa Gading, ceritanya bisa dibaca di SINI

Mari Berbagi Lestari Bersama Daihatsu dan Bekasi Berkebun
Sebelum matahari terik, dikarenakan waktu yang baik untuk menanam adalah sebelum pukul 9 pagi, maka blogger langsung diajak menuju halaman depan rumah untuk diberi pengarahan mengenai pengetahuan dasar berkebun. Berbagai perlengkapan berkebun telah tersedia di mobil Daihatsu Granmax yang saya ketahui sangat sering digunakan untuk "moko" alias mobil toko, kali ini digunakan untuk berkebun. Ternyata sangat multifungsi produktif jenis Daihatsu yang satu ini...hehehe

Biasanya "moko", dan kali ini Granmax berfungsi sebagai "mobun" alias mobil berkebun
3 hal yang perlu diperhatikan dalam bercocok tanam adalah : 
  1. Sinar Matahari
  2. Sirkulasi Udara
  3. Media Tanam

Manfaat berkebun :
  • Dengan berkebun kita telah berbagi lestari, menyatu dengan alam. Melestarikan bumi ciptaan-Nya.
  • Bermanfaat bagi kesehatan. Ternyata melakukan bercocok tanam, seperti memotong tanaman, menyiram, merapikan pot dan memberi pupuk dapat membakar 280-380 kalori yang jumlah kalorinya sama dengan berlari 30 menit sejauh 2,5 km atau melakukan kegiatan seks selama 3 jam.
  • Menghindari stress. Penat bekerja di tengah kota? Coba deh tenangkan diri dengan menanam.
  • Menghemat pengeluaran dapur. Tidak perlu membeli cabe, tomat,bawang,bayam dan berbagai keperluan memasak yang bisa kita tanam sendiri di halaman atau pot di rumah.
  • Mendapatkan aneka bumbu atau sayur yang organik, terbebas dari pestisida yang membuat sehat. Pupuk memang diperlukan, namun sebaik-baiknya adalah menjauhi pupuk atau pestisida kimiawi agar tubuh tidak tercemar.
  • Menambah keasrian rumah. Indah khan andai di rumah kita banyak ditumbuhi aneka tanaman?
  • Memberikan kontribusi angin kepada lingkungan. Wuiii, sejuknya semilir angin... adeeem. Setelah "berkontribusi" mencemarkan kota dengan kendaraan yang kita naiki saat beraktifitas sehari-hari maka kini waktunya kita memberikan kontribusi agar lingkungan menjadi "adem", bersihkan lingkungan dengan tanaman-tanaman yang kita tanam.
Jenis tanaman apa saja yang bisa kita tanam di halaman rumah?
Cabai , Bayam, Tomat, Kangkung ,Kacang Panjang ,Bunga Matahari, Bawang, Seledri, dll. Jenis tanaman ini masa panennya tidak memerlukan waktu yang lama, contohnya bayam yang hanya memerlukan waktu 1 - 3 minggu, kacang panjang hanya 1-2 bulan dan cabe sekitar 3-4 bulan yang bisa panen kembali secara berkala.
Beberapa Bibit Tanaman Yang diberikan kepada Blogger KokGituYa.com

Keren khan manfaat dari berkebun? Mari kita lakukan sejak sekarang! Tidak ada istilah "tangan panas" dalam berkebun, tetapi jika kita sering gagal dalam menanam tumbuhan hal itu disebabkan kita belum mengerti cara menanam yang baik. Jika ingin menambah manfaat berkebun, silakan bergabung di komunitas Bekasi Berkebun, silakan kunjungi website-nya di : Bekasi Berkebun

Blogger KokGituYa.com dan Bekasi Berkebun (Pic : Daihatsu Indonesia)

No comments:

Post a Comment