Friday 13 March 2015

Taklim dan Talkshow : Healthy Go Lucky



Pagi, bersiap-siap ke acara Laiqa Magazine dan Dompet Dhuafa di Masjid Cut Meutia Menteng Jakarta Pusat. Terakhir kali saya menghadiri taklim di masjid ini sekitar 1.5 tahun yang lalu saat Pengajian Hijabers Community.
Saya hadir berdua Lia – temannya yang sebenarnya juga mau hadir, tetapi ternyata ketiduran.
Tema taklim dan talkshow kali ini adalah : Healthy Go Lucky. Thema yang sama dengan bahasan utama Laiqa Magazine terbaru. Suatu thema yang sangat menarik bagi saya, dikarenakan Healthy Life merupakan lifestyle yang sedang saya tekuni 2-3 tahun terakhir ini. Terlambat? Nggak dong ya, Alhamdulillah saya masih sehat di usia dewasa ini. Justru untuk mengungkapkan rasa syukur ini-lah saya perlahan tetapi pasti semakin menjaga kesehatan yang sudah Allah anugerahkan.
So, mari kita simak penuturan Ustadz Rachmad dari Dompet Dhuafa mengenai “Hidup Sehat ala Rasulullah SAW”.
Pada bagian awal Ustadz menanyakan kepada kami berapa kali Rasulullah sakit selama hidupnya? Ternyata Rasulullah hanya mengalami 2x sakit saat beliau hidup di dunia, pertama karena ada yang meracuni daging yang disajikan kepadanya. Kemudian yang kedua menjelang ajalnya. Padahal tuh kita (Kita? Saya nggak loh :p)  yang hidup di masa kini mudah sekali mengalami gangguan kesehatan, misalnya saat pergantian musim banyak diantara kita yang terserang batuk. Nah, karena batuk ini pada minum obat batuk yang ternyata semua obat batuk cair mengandung alkohol yang kadar kehalalannya masih diragukan.

Masalah kesehatan ummat maka kita harus meninjau tentang : Makanan, Minuman dan Obat-obatan kimia sintentik. Hal ini saling berkaitan. Coba kita check apa yang kita makan dan minum serta obat-obatan yang kita konsumsi untuk menjaga atau memulihkan kesehatan. Selain halal tentunya harus thoyib (yang bukan 3 lebaran gak pulang-pulang ;p)
Kalau cinta Allah maka kita harus mengikuti sunah Rasulullah. Minuman yang digemari oleh Rasulullah adalah air ZamZam, maka ikutin deh kebiasaan beliau. Gubrak yak kalau yang di Indonesia dalam sehari-nya harus minum 2.5 liter air ZamZam?? Yaaa, minum saja air putih yang ada dan sudah steril kemudian berdoa sebelum meminumnya. Air putih itu jika di doa-kan akan membentuk molekul yang baik bagi kesehatan loh. 80% unsur cair berada di tubuh kita, oleh karenanya air putih adalah unsur terbaik bagi kesehatan. Rasulullah juga melakukan detoksifikasi. Detoksifikasi cara Rasulullah adalah dengan cara melakukan Bekam. Jujur aja nih, untuk yang satu ini saya belum pernah melakukannya. Catat, dalam waktu dekat saya akan melakukan detoksifikasi dengan cara Rasulullah, yakni Bekam. Insya Allah, saya akan bertambah sehat. Aamiin.
Pak Ustadz juga menjelaskan mengenai produk-produk yang bahannya mengandung hewan babi. Bukan sekedar makanan, tetapi juga beraneka barang yang kita gunakan, misalnya tas, dompet dan sepatu yang dibuat dari kulit babi. Ciri khas dari benda yang menggunakan bahan kulit babi adalah : ada-nya bintik-bintik yang seolah mengelompok masing-masing 3 titik, macam corak bulatan-bulatan gitu deh. Hati-hati! Walaupun kita tidak mengkonsumsi dengan cara dimakan tetapi sebaiknya kita tidak memasukkan unsur ini ke dalam kehidupan kita sehari-hari.
Istilah sains yang digunakan dalam produk babi : Pork, Swine, Hog, Boar (Babi liar...hiii), Lard, Bacon, Ham, Sow, Sow milk, Pig, Porcine.
Yang juga perlu kita awasi adalah beberapa produk makanan dan minuman sudah memiliki logo “halal” tetapi ternyata mengandung hal yang haram. Ternyata masih banyak yang beredar di pasaran! Selalu perhatikan komposisi produk yang kita beli/konsumsi. Check Mulsifiers E-Code for pig fat!

Talkshow Ibu Muda Shireen Sungkar
Pada bagian berikutnya Mrs.Shireen Sungkar, artis sinetron yang baru beberapa bulan lalu melahirkan anak pertamanya hadir. Ia menyampaikan pengalaman menjadi ibu baru, khususnya penanganan kesehatan untuk bayi-nya. Ditanya’in deh mengenai vaksinasi atau imunisasi yang saat ini sedang hip banget diantara umat – antara halal dan haram. Apalagi kita mengetahui bahwa suami-nya, Teuku Wisnu sudah memasuki hidayah dari-NYA sehingga mengenai hal ini mereka sempat “pro dan kontra”. Ternyata Rasulullah memiliki cara khusus untuk menjaga kesehatan bagi bayi yang baru lahir loh!
Ustadz Rahmat menurut saya tidak “terang-terangan” menyatakan mengenai haram atau tidaknya imunisasi, tetapi beliau menyarankan bahwa semua sudah diatur dalam Islam serta menurut Menteri Kesehatan Ibu Nafsiah Mboi bahwa produk farmasi modern yang ada belum bisa mendapatkan sertifikasi halal. Bersyukurlah saya yang dikarunia-kan kesehatan prima oleh Maha Pencipta.

Pembuka dan Penutup Kajian
Jika pada pembukaannya dibuka oleh Mrs Hana F sebagai pihak dari Laiqa Magazine, maka penutupannya pihak Dompet Dhuafa mempresentasikan tentang profile-nya, khususnya mengenai program 1000 PAUD di Indonesia. Saya pribadi mengetahui beraneka ragam kegiatan Dompet Dhuafa sejak lembaga ini berdiri, Alhamdulillah seringkali mendapat undangan event yang diselenggarakan, dan seringkali menyalurkan amanah melalui lembaga ini. Sebelum pulang kami peserta di beri goodie bag berisikan Laiqa Magazine terbaru (Saya sudah beli sebelumnya, maka beberapa hari kemudian saya hibahkan ke teman), voucher hijup.com Rp 50.000, brosur/leaflet Remaja Islam Masjid Cut Meutia dan Dompet Dhuafa plus 1 botol netto 120ml hand body lotion.

Seusai dari Masjid Cut Meutia, saya dan Lia makan siang di Mie Gondangdia Cikini. Pesan dari Mr.*No mention* masuk ke gadget saya, ternyata dia di negeri seberang juga sedang pengajian bersama dengan ustadz yang juga dari Dompet Dhuafa dan seorang "Motivator Rezeki"

2 comments:

  1. Aku saat ini lagi belajar tentang Thibbun Nabawi yaitu ttg pengobatan dan menjaga kesehatan sesuai dengan Al-Quran dan Sunnah.. hhhm,, ternyata semua makanan olahan itu gak baik untuk tubuh kita.. hal ini bikin aku mumet.. hahaha...
    selain air zam2 banyak juga makanan yang berkhasiat obat seperti kurma dan madu.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah seru ya belajar ttg Thibbun Nabawi? Insya Allah aku ada minat juga tuh, minimal untuk diri pribadi dan orang2 terdekat :)
      Alhamdulillah,skrg udh ngurangin drastis makanan olahan dan konsumsi makanan organik...hehehe, nggak usah dibikin mumet.
      Berbagi ilmu Thibbun Nabawi yuk! :)

      Delete